LAPORAN BEST PRACTICES
Lokasi
|
SMKS PGRI Rangkasbitung |
Lingkup Pendidikan |
Sekolah menengah kejuruan |
Tujuan yang ingin dicapai |
1. Peserta didik menganalisis Perlindungan dan Penegakan Hukum di Indonesia 2. Peserta didik menyimpulkan Perlindungan dan Penegakan Hukum di Indonesia |
Penulis |
Aam Amalliawati, S.Pd |
Tanggal |
11 Desember 2022 |
Situasi: Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
|
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah. - Guru masih mengajar menggunakan metode klasik yang cendrung membuat pembelajaran monoton yang siswa cepat bosan dan minat belajar yang rendah. - Rendahnya minat baca siswa. - Kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran inovatif masih rendah sehingga guru cendrung menggunakan metode ceramah yang monoton. - Kurang pemanfaatan TPACK. - Pembelajran seringkali tidak berpusat pada peserta didik. - Peserta didik lebih banyak mendengar penjelasan dari guru. Dari beberapa latar belakang masalah di atas, dapat disimpulkan bahwa kurangnya kemampuan siswa dalam menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang pertama guru masih mengajar dengna metode klasik di samping minat baca siswa yang sangat rendah. Kedua, rendahnya kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajran inovatif dan menganggap metode ceramah sebagai metode yang praktis dan mudah, sehingga pembelajaran cendrung pasif. Menurut saya praktik ini penting untuk dibagikan karena saya yakin, banyak guru yang memiliki permasalahan yang sama dengan saya. Selain itu, dengan dibagikannya praktik ini, saya berharap orang lain dapat memberikan masukan, kritik dan saran demi kebaikan di masa mendatang. Dalam hal ini saya berperan sebagai guru yang bertanggung jawab melaksanakan pembelajaran secara efektif dengan model, metode, dan media yang bersifat inovatif sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai sesuai denganya
|
Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
|
Adapun yang menjadi tantangan dalam mencapai tujuan pembelajaran adalah. a. Media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. b. Persiapan kelas yang harus ekstra. c. Masih ada peserta didik yang belum percaya diri untuk presentasi hasil kerjanya d. Masih terdapat peserta didik yang kurang aktif dalam kelompoknya. e. Signal untuk livestreaming terkadang tidak stabil. f. Suara kurang jelas pada hasil rekaman.
Dari penyebab diatas ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh guru: 1. Penerapan teknologi Informasi pembelajaran yang tepat kreatif, inovatif,menarik dan menyenangkan sehingga peserta didik tertarik, termotivasi,serta antusias mengikuti pembelajaran. 2. Guru Kesulitan untuk mengumpulkan peserta didik pada proses pembelajaran PPL 1 dikarenakan Peserta didik masih ada yang kurang semangat terlibat di dalam pembelajaran 3. Pengunaan Media pembelajaran yang Tepat dan bervariatif, PPT, Video, gambar, bahan ajar dan LKPD.Meningkatkan kemampuan guru dalam teknologi Informasi untuk mendukung pembelajaran yang inovatif. Dari penjelasan tantangan tersebut diatas dapat disimpulkan tantangan yang dihadapi berkaitan dengan Kompetensi guru dan Peserta didik Untuk melaksanakan PPL Aksi 2 Siapa saja Yang terlibat ? Guru, peserta didik, Kepala sekolah Dosen pembimbing, Ibu guru pamong yang membimbing dalam praktik ini |
Aksi : Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
|
Langkah-langkah menghadapi tantangan tersebut ? Dengan menggunakan teknologi Informasi pembelajaran yang tepat disetiap pelaksanaan pembelajaran. a. Strategi yang di lakukan Guru diharuskan dapat Memahami Teknologi Informasi yang tepat ,kreatif dan menyenangkan peserta didik, kemampuan dan keterampilan dari guru yang terkait b. Pengunanan aplikasi pembelajaran yang akan di gunakan,Serta kemampuan guru mendesain perangkat pembelajaran. c. Proses penerapan aplikasi teknologi informasi Komputer yang tepat dan inovatif guru harus mempelajari berbagai macam Aplikasi pembelajaran yang tepat dengan materi dalam proses belajar mengajar d. Sumber daya yang diperlukan dalam menerapkan teknologi informasi Komputer inovatif ini diantaranya pemahaman, kreatifitas guru terkait aplikasi teknologi informasi Komputer |
Refleksi Hasil dan dampak 1. Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? 2. Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? 3. Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, 4. Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? 5. Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
|
Dari dampak aksi langkah – langkah yang telah dilakukan dapat di analisis , Menunjukan hasil yang efektif : 1. Siswa sangat senang dengan pembelajaran problem Based Learning, karena dengan kegiatan diskusi tersebut dapat meningkatkan kemampuan peserta didik sesuai dengan tujuan pembelajaran 2. Menerapkan teknologi informasi Komputer dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang tepat bagi peserta didik lebih efektif dan menyenangkan. 3. Adalah hasilnya sangat efektif, karena peserta didik terlatih untuk berbicara dan mengungkapkan pendapat 4. Responnya cukup baik 5. Adapun faktor yang menjadi keberhasilan dalam aksi ini Peserta didik mempunyai keberanian untuk berbicara dan mengungkapkan pendapatnya tanpa rasa ragu dan takut salah , sehingga memicu keberhasilan dalam prestasi peserta didik dalam nila sehingga berada di atas kriteria ketuntasan minimum ( KKM ) 6. Dari beberapa uraian diatas dapat disimpulkan dengan metode STAR dapat tercipta jika model dan strategi pembelajaran yang ditentukan tepat dan sesuai dengan kebetuhan peserta didik . Faktor keberhasilan dan tidak berhasilan dari strategi yang dilakukan. Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penguasaan guru terhadap mediapembelajaran, metode, model dan langkah-langkah pada Modul Ajar Kurikulum Merdeka yang sudah dibuat.
Pembelajaran dari keseluruhan proses Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru dilakukan adalah seyogyanya guru lebih kretaif dan inovatif dalam memilih metode, model dan media pembelajaran untuk membuat proses belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan.
|
Copyright © 2017 - 2025 SMK PGRI Rangkasbitung All rights reserved.
Powered by sekolahku.web.id